Pengertian E-Commerce

Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet[3, 13].
Sementara itu Kalakota dan Whinston mendefinisikan E-Commerce dari beberapa perspektif, yaitu[13]:
1) dari perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman informasi, produk/jasa, atau pembayaran melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi lainnya;
2) dari perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis dan work flow;
3) dari perspektif pelayanan, E-Commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang; dan
4) dari perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli produk serta informasi melalui internet dan jaringan jasa online lainnya.
Selanjutnya Yuan Gao dalam Encyclopedia of Information Science and Technology (2005), menyatakan E-Commerce adalah penggunaan jaringan komputer untuk melakukan komunikasi bisnis dan transksaksi komersial. Kemudian di website E-Commerce Net, E-Commerce didefinisikan sebagai kegiatan menjual barang dagangan dan/atau jasa melalui internet. Seluruh komponen yang terlibat dalam bisnis praktis diaplikasikan disini, seperti customer service, produk yang tersedia, cara pembayaran, jaminan atas produk yang dijual, cara promosi dan sebagainya.
Seluruh definisi yang dijelaskan di atas pada dasarnya memiliki kesamaan yang mencakup komponen transaksi (pembeli, penjual, barang, jasa dan informasi), subyek dan obyek yang terlibat, serta media yang digunakan (dalam hal ini adalah internet).
Perkembangan teknologi informasi terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lain diseluruh dunia. Dengan menghubungkan jaringan komputer perusahaan dengan internet, perusahaan dapat menjalin hubungan bisnis dengan rekan bisnis atau konsumen secara lebih efisien. Sampai saat ini internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan e-commerce, sehingga istilah E-Commerce pun menjadi identik dengan menjalankan bisnis di internet.
Pertukaran informasi dalam E-Commerce dilakukan dalam format dijital sehingga kebutuhan akan pengiriman data dalam bentuk cetak dapat dihilangkan. Dengan menggunakan sistem komputer yang saling terhubung melalui jaringan telekomunikasi, transaksi bisnis dapat dilakukan secara otomatis dan dalam waktu yang singkat. Akibatnya informasi yang dibutuhkan untuk keperluan transaksi bisnis tersedia pada saat diperlukan. Dengan melakukan bisnis secara elektronik, perusahaan dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan pengiriman informasi. Proses transaksi yang berlangsung secara cepat juga mengakibatkan meningkatnya produktifitas perusahaan.
Dengan menggunakan teknologi informasi, E-Commerce dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis. Tingginya tekanan bisnis yang muncul akibat tingginya tingkat persaingan mengharuskan perusahaan untuk dapat memberikan respon. Penggunaan E-Commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan produktifitas perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam bersaing.

48 thoughts on “Pengertian E-Commerce

  1. Nugraha October 25, 2008 at 5:32 am Reply

    Tulisan sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas akhir saya, karena bobot isinya cukup bagus.

    • susan July 31, 2010 at 1:51 am Reply

      thank’s atas informasinya,..
      yg menambah pengetahuan saya tentang ecommerse,..

  2. riyan November 26, 2008 at 4:40 pm Reply

    thanx atas informasinya……..

  3. Soleh December 20, 2008 at 7:24 am Reply

    akhirnya nemu juga, lumayan ni bwt uas..
    thanks ya…

  4. dian December 20, 2008 at 9:33 am Reply

    trims atas infromasinya, bisa buat nambah2 nulis buku, bahasanya berbobot banget.

  5. Rocky March 2, 2009 at 5:38 am Reply

    Tulisan ini cukup membantu sy untuk mengerti tentang e-commerce…
    Tapi sayang, tidak ada sumber nya..
    Jikalau anda berkenan, tolong sedikit di edit dan mencantumkan sumber nya…

    Terimakasih atas perhatiannya

  6. Gunawan July 22, 2009 at 3:04 pm Reply

    Thankx.. bro! Infonya sangat membantu dan kayaknya anda berbakat untuk jadi penulis.bahasanya nyambung sekali lagi thankx…!

  7. Irmand July 25, 2009 at 8:01 am Reply

    Thanks yah ataz infonya tntang e-commerce,gue jadi tau apa jawbannya tntang e-commerce apa dari sinie,Hehehe.thanks.

  8. ~Name-Name~ August 25, 2009 at 1:50 pm Reply

    thanks infonya
    bisa nyelesain tgs dong
    tapi bikin sumbenya dong lain kali
    kalo ada yg kurang bisa nanya
    kwkwkwkwkwkwkwkwwkwkwk

    by:Him

  9. Definisi E Commerce - Fandy_Cz October 5, 2009 at 1:41 pm Reply
  10. Sakirul's Blog October 10, 2009 at 10:21 am Reply

    […] Pengertian E-Commerce […]

  11. anto October 24, 2009 at 3:45 pm Reply

    mas, tulisan yang bagus ni… aku bisa minta sumber2nya ga bwt jadi referensi??
    thanx y

  12. Bhimo's Blog October 31, 2009 at 6:39 am Reply

    […] Pengertian E-Commerce […]

  13. mandy November 9, 2009 at 12:23 pm Reply

    thanks atas infox yang sangat membantu sy dlm mengerjakan tugas kul…..

  14. bisnis online bagi pemula December 21, 2009 at 8:48 am Reply

    wah… baru tau nih… jadi malu

  15. webiteza December 28, 2009 at 6:35 am Reply

    good….. nambah pengetahuan lagi neh….

  16. the iteza webblog December 28, 2009 at 6:36 am Reply

    good….. nambah pengetahuan lagi neh….

    @ http://webiteza.blogspot.com

  17. Chev January 7, 2010 at 6:28 am Reply

    Tulisan ini sama persis dengan yg ada di http://www.balinter.net/news_184_Pengertian_E-commerce.html

    • dasril January 22, 2010 at 4:27 pm Reply

      kalau yang di blog saya ini 100% tulisan saya, kalau yang di balinter coba konfirmasi ke pemiliknya. Tulisan saya diatas bersumber dari buku tesis s2 saya di ITB Bandung. Kalau ada yang butuh sebagai reff silakan dikutip sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.

  18. Denis January 12, 2010 at 6:16 am Reply

    Thx For Ur explanation…about e-commerce

  19. treante January 13, 2010 at 2:33 am Reply

    ini dy jawbn dri uas yg saia kerjakan saat ini :mrgreen:

    • dasril January 22, 2010 at 4:40 pm Reply

      kuliah dimana mbak, semoga cepat lulus.

  20. suntea January 24, 2010 at 11:18 am Reply

    mohon ijin mengutip artikel buat tugas gan… nais inpo gan…

  21. dasril January 24, 2010 at 4:08 pm Reply

    oke, silakan di kutip

  22. formulabisnis2121.blogspot.com February 1, 2010 at 8:32 am Reply

    minta ijin copas ya artikelnya..
    ya biasa tuk nyelesaian tugas..

  23. Blogger Terpanas February 7, 2010 at 9:30 am Reply

    semua jadi terasa mudah ya….dengan e-commerce

  24. arciviz March 6, 2010 at 6:41 am Reply

    ehhmm…….. dunia makain camggih…

  25. Cep March 8, 2010 at 4:58 am Reply

    Izin ngutip untuk materi

  26. Cep March 8, 2010 at 5:00 am Reply

    Izin mengutip untuk materi

  27. abdul azis March 17, 2010 at 8:57 am Reply

    mohon untuk menambahkan lagi materi tentang e-commerce

  28. rastaboy March 17, 2010 at 5:17 pm Reply

    mantab lah.. tugas kelar..

  29. dita March 24, 2010 at 11:05 am Reply

    thanks udah jadi bahan referensi utk tugas SIM ku..;)

  30. susan July 31, 2010 at 1:52 am Reply

    thank’s informasinya,..
    yang menambah pengetahuan saya tentang ecommerse

  31. susan July 31, 2010 at 1:54 am Reply

    informasinya cukup buat nambahin materi SIM ku..,

  32. Belitung NgeBlog August 11, 2010 at 6:12 am Reply

    informasi yg sangat bermanfaat.. terasa bangets pola pikirnya..

  33. Rini October 6, 2010 at 2:21 am Reply

    thankxz yah 😀

    atas info na

  34. radmi November 2, 2010 at 12:49 pm Reply

    makasih atas info tentang e-commerce x…karna sangat mendukung untuk pembuatan skripsi saya tentang e-commerce….thank’s

  35. septi nuraini November 10, 2010 at 3:45 am Reply

    Tulisan yang membahas e-commerce secara umum seperti ini justru lebih mudah saya mengerti 🙂 thanks

  36. Mega February 1, 2011 at 4:13 am Reply

    Terima kasih sebelumnya. Ijin copy untuk menambah bahan materi tesis saya 🙂 Klo ada pertanyaan atau ingin sedikit berdiskusi, saya bisa kirim / e-mail khan ?? Thanks..

    • dasril February 1, 2011 at 9:33 am Reply

      Oke, silakan.

  37. oding May 21, 2011 at 7:05 am Reply

    keren, thnks sahrenya

  38. Agies August 10, 2011 at 1:33 am Reply

    Terima kasih… ijin untuk dijadikan referensi paper mengenai Implementasi e-commerce di Indonesia.

  39. Eny August 11, 2011 at 8:56 am Reply

    Thanks Informasinya…… pas buat nambahin referensi tugas paper saya tentang e-commerce

  40. wahyu August 16, 2011 at 5:27 am Reply

    mantap..
    makasih infonya

  41. eko August 20, 2011 at 3:19 am Reply

    good info, terima kasih. semoga kita dapat memanfaatkan teknologi e-commerse untuk kemajuan kita.

  42. zee January 5, 2012 at 8:21 am Reply

    kalo misalnya produk yang dijual hanya satu jenis, masih bisa dikatakan e-commerce ga yaa???

    • korasaki April 16, 2012 at 9:15 am Reply

      jumlah produk tidak mempengaruhi definisi ecommerce, mau produk satu atau banyak tidak jadi persoalan

  43. Johna256 August 13, 2014 at 3:34 am Reply

    Your goal is to breed all the different dragons efdbgdadbakd

Leave a reply to dasril Cancel reply