Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet[3, 13].
Sementara itu Kalakota dan Whinston mendefinisikan E-Commerce dari beberapa perspektif, yaitu[13]:
1) dari perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman informasi, produk/jasa, atau pembayaran melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi lainnya;
2) dari perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis dan work flow;
3) dari perspektif pelayanan, E-Commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang; dan
4) dari perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli produk serta informasi melalui internet dan jaringan jasa online lainnya.
Selanjutnya Yuan Gao dalam Encyclopedia of Information Science and Technology (2005), menyatakan E-Commerce adalah penggunaan jaringan komputer untuk melakukan komunikasi bisnis dan transksaksi komersial. Kemudian di website E-Commerce Net, E-Commerce didefinisikan sebagai kegiatan menjual barang dagangan dan/atau jasa melalui internet. Seluruh komponen yang terlibat dalam bisnis praktis diaplikasikan disini, seperti customer service, produk yang tersedia, cara pembayaran, jaminan atas produk yang dijual, cara promosi dan sebagainya.
Seluruh definisi yang dijelaskan di atas pada dasarnya memiliki kesamaan yang mencakup komponen transaksi (pembeli, penjual, barang, jasa dan informasi), subyek dan obyek yang terlibat, serta media yang digunakan (dalam hal ini adalah internet).
Perkembangan teknologi informasi terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lain diseluruh dunia. Dengan menghubungkan jaringan komputer perusahaan dengan internet, perusahaan dapat menjalin hubungan bisnis dengan rekan bisnis atau konsumen secara lebih efisien. Sampai saat ini internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan e-commerce, sehingga istilah E-Commerce pun menjadi identik dengan menjalankan bisnis di internet.
Pertukaran informasi dalam E-Commerce dilakukan dalam format dijital sehingga kebutuhan akan pengiriman data dalam bentuk cetak dapat dihilangkan. Dengan menggunakan sistem komputer yang saling terhubung melalui jaringan telekomunikasi, transaksi bisnis dapat dilakukan secara otomatis dan dalam waktu yang singkat. Akibatnya informasi yang dibutuhkan untuk keperluan transaksi bisnis tersedia pada saat diperlukan. Dengan melakukan bisnis secara elektronik, perusahaan dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan pengiriman informasi. Proses transaksi yang berlangsung secara cepat juga mengakibatkan meningkatnya produktifitas perusahaan.
Dengan menggunakan teknologi informasi, E-Commerce dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis. Tingginya tekanan bisnis yang muncul akibat tingginya tingkat persaingan mengharuskan perusahaan untuk dapat memberikan respon. Penggunaan E-Commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan produktifitas perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam bersaing.
Tulisan sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas akhir saya, karena bobot isinya cukup bagus.
thank’s atas informasinya,..
yg menambah pengetahuan saya tentang ecommerse,..
thanx atas informasinya……..
akhirnya nemu juga, lumayan ni bwt uas..
thanks ya…
trims atas infromasinya, bisa buat nambah2 nulis buku, bahasanya berbobot banget.
Tulisan ini cukup membantu sy untuk mengerti tentang e-commerce…
Tapi sayang, tidak ada sumber nya..
Jikalau anda berkenan, tolong sedikit di edit dan mencantumkan sumber nya…
Terimakasih atas perhatiannya
Thankx.. bro! Infonya sangat membantu dan kayaknya anda berbakat untuk jadi penulis.bahasanya nyambung sekali lagi thankx…!
Thanks yah ataz infonya tntang e-commerce,gue jadi tau apa jawbannya tntang e-commerce apa dari sinie,Hehehe.thanks.
thanks infonya
bisa nyelesain tgs dong
tapi bikin sumbenya dong lain kali
kalo ada yg kurang bisa nanya
kwkwkwkwkwkwkwkwwkwkwk
by:Him
[…] https://dasril.wordpress.com/e-commerce/p… 20:40 WIB […]
[…] Pengertian E-Commerce […]
mas, tulisan yang bagus ni… aku bisa minta sumber2nya ga bwt jadi referensi??
thanx y
[…] Pengertian E-Commerce […]
thanks atas infox yang sangat membantu sy dlm mengerjakan tugas kul…..
wah… baru tau nih… jadi malu
good….. nambah pengetahuan lagi neh….
good….. nambah pengetahuan lagi neh….
@ http://webiteza.blogspot.com
Tulisan ini sama persis dengan yg ada di http://www.balinter.net/news_184_Pengertian_E-commerce.html
kalau yang di blog saya ini 100% tulisan saya, kalau yang di balinter coba konfirmasi ke pemiliknya. Tulisan saya diatas bersumber dari buku tesis s2 saya di ITB Bandung. Kalau ada yang butuh sebagai reff silakan dikutip sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.
Thx For Ur explanation…about e-commerce
ini dy jawbn dri uas yg saia kerjakan saat ini
kuliah dimana mbak, semoga cepat lulus.
mohon ijin mengutip artikel buat tugas gan… nais inpo gan…
oke, silakan di kutip
minta ijin copas ya artikelnya..
ya biasa tuk nyelesaian tugas..
semua jadi terasa mudah ya….dengan e-commerce
ehhmm…….. dunia makain camggih…
Izin ngutip untuk materi
Izin mengutip untuk materi
mohon untuk menambahkan lagi materi tentang e-commerce
mantab lah.. tugas kelar..
thanks udah jadi bahan referensi utk tugas SIM ku..;)
thank’s informasinya,..
yang menambah pengetahuan saya tentang ecommerse
informasinya cukup buat nambahin materi SIM ku..,
informasi yg sangat bermanfaat.. terasa bangets pola pikirnya..
thankxz yah 😀
atas info na
makasih atas info tentang e-commerce x…karna sangat mendukung untuk pembuatan skripsi saya tentang e-commerce….thank’s
Tulisan yang membahas e-commerce secara umum seperti ini justru lebih mudah saya mengerti 🙂 thanks
Terima kasih sebelumnya. Ijin copy untuk menambah bahan materi tesis saya 🙂 Klo ada pertanyaan atau ingin sedikit berdiskusi, saya bisa kirim / e-mail khan ?? Thanks..
Oke, silakan.
keren, thnks sahrenya
Terima kasih… ijin untuk dijadikan referensi paper mengenai Implementasi e-commerce di Indonesia.
Thanks Informasinya…… pas buat nambahin referensi tugas paper saya tentang e-commerce
mantap..
makasih infonya
good info, terima kasih. semoga kita dapat memanfaatkan teknologi e-commerse untuk kemajuan kita.
kalo misalnya produk yang dijual hanya satu jenis, masih bisa dikatakan e-commerce ga yaa???
jumlah produk tidak mempengaruhi definisi ecommerce, mau produk satu atau banyak tidak jadi persoalan
Your goal is to breed all the different dragons efdbgdadbakd